Tuesday 5 April 2011

Sewing Machine Cake for Donna


Gubrak!! Pengen pingsang waktu Eko mention ide ini. Novelty Cake a.k.a 3D cake Sewing Machine alias Mesin Jait. Seneng sih dapet orderan Novelty/3D cake, tapi mesin jaiiit?? Well, this is a challenge!! Aku pasti bisaa!! *that is my mantra*


Kenapa mesin jahit? Karena yang ulang tahun, Donna lagi merintis usaha Rumah Jahit dan pemilik butik online DELIMA. Dia ini temen deketnya Eko. Kita ketemu lagi pas JavaJazz kemaren, karena aku pamerin Kuekuwi! makanya Donna langsung minta dipesenin dari Kuekuwi! buat ulang tahunnyaa *tapi Donna gak tau lho kalo Eko mau kasih cake mesin jahit ini*


Based cakenya dari Chocolate brownies. Untuk mesin jaitnya aku buat dari sponge cake layer chocolate ganache. Detail aku bikinin alat-alat menjahit dari fondant. Wiiih, seru banget ngerjainnya. And i love the result, pretty isn't it? :) duh i love this cake, Happy bday Donna :)

Kemarin malam pas ngerjainnya, aku sempetin foto dari awal pembuatan. sempet juga twittpict dengan hastag #kuekuwi #carvingcake dan di mention sama beberapa teman. Mereka ngikutin pas aku bikin dari awal dan suka melihat hasil akhirnya. Kayaknya mesti sering2 bikin tutorial niy, biar seru :)


Jadi awalnya, googling dulu gambar mesin jaitnya, di print trus di pelototin detailnya. Lalu aku bikin cake ukuran 30x10 (pake loyang brownies) 6 buah. Kemudian ditumpuk-tumpuk dengan dilapis coklat ganache 1:2 . Masukkan dalam lemari es setelah set keluarkan dan mulai di carving sedikit demi sedikit. Setelah terbentuk bodi mesin jait, cover seluruh permukan dengan ganache. 1:2. Kemudian cover dengan fondant yang sudah diwarnai pewarna makanan hitam. Setelah itu tumpuk di cake dasar yang sudah dilapisi fondant coklat (ceritanya ini jadi kayu mesin jahitnya). Setelah itu mulai deh decorating, bikin kain yang dijahit, bikin bagian2 detail mesin jahitnya, figurin benang, gunting, jarum, kancing, figurin perempuan (Donna si bday girl). Untuk finishingnya aku pake lustre dust silver dan gold untuk ornamen dan detail metal di badan mesin jahit. Jadi deh kue mesin jahitnya :)

5 comments:

  1. Kereeeennnn bangeeettt.....4 jempol deh. Thanks for tutorialnya mbak. Kalo sering2 bikin tutorial, aku semakin sering main ke blog ini...hehehe...
    cheers,
    Ika

    ReplyDelete
  2. Thank youuu, iya insyaAllah makin sering deh bikin tutorialnya *berdoa spy banyak orderan, biar bikin tutorial terus* :)

    ReplyDelete
  3. Dittaaaa... Hebat banget lo :)
    Gak nyangka jago banget bikin kue... Sukses ya...

    ReplyDelete
  4. hahaha... jadi pake pingsan dulu ya sebelum bikin cake...aku juga kaget loh!
    dan sayang mau makannya...temen2 pada nanyain pesen dimana uda aku rujuk ke blog ini...

    lovely present from a love one.
    :)

    makasih mba dita uda bikinin :) penjahit2 aku seneng liatnya...hahaha

    ReplyDelete
  5. eh yang ulang tahun komen juga:) makasih yaa say udah di promosiin ke temen2nya..
    seneng juga ngerjain kue ini
    sukses terus ya buat DELIMA dan rumah jaitnya :)
    *hugs*

    ReplyDelete