Saturday 28 May 2011

KBB#23 Lemon CheeseCake

Sesuai dengan temanya yang Cheesy Fun, ternyata memang FUN banget baking Lemon Cheese cake ala Italian ini. Paduan rasa lemon dan cheesenya light, terasa pas dilidah tanpa meninggalkan rasa cheese yang berlimpah.



Saat merebus campuran Orange Jus, perasan air jeruk lemon dan sultana (aku pake kismis), aromanya langsung memenuhi dapur, terasa segeeeer banget. Padahal cuma di rebus 5 menit doang lho.

Paduan kacang-kacangan dengan sensasi cinamon dan mix spice makin menambah sajian ini gak mungkin di cuekin. Pas lagi ngadonin aja aku sibuk icip icip lelehan keju rasa lemon yang yummy ini...ehmm gak sabar buat nyuguhin ke keluarga.


Cheesecake ini menggunakan cream cheese Mascarpone dan Ricotta, karena itu rasa cheesenya light aja, gak ngeju banget. Buat yang maniac keju, pasti bilangnya cheese ini gak ada rasa kejunya. Memang karena dibuatnya bukan dari pure cream cheese. Waktu teman-teman di KBB kesulitan mendapatkan ricotta, merena mencari resep home made ricotta dan mascarpone. Ternyata bahan dasarnya hanya WhipCream dan air Lemon saja. Tadinya aku juga mau sekalian bikin ricotta dan mascarpon sendiri aja, tapi ribet ah, kebetulah pas di JFFF dapet ricotta dan mascarpone diskon :)
Saat pemanggangan, aku butuh waktu lebih lama dari yang di tulis di resepnya. Mungkin karena aku menggunakan loyang 18cm jadi adonannya tinggi sehingga lama untuk set-nya. Padahal disekeliling cakenya sudah berwarna keemasan, tapi ditengahnya masih belum set.Jadi nambah 30 menit lagi, tapi setiap 10 menit aku cek takut gosong soalnya. Enak deh lemon cheese cake ini.. kapan-kapan nyoba lagi ah pake home made ricotta dan mascacarpone sendiri :)


KBB#23 Lemon Cheese Cake
Sumber: Successful baking.
untuk 8-10 porsi

Bahan-bahan
1/4 cup port --- (*sejenis wine-bisa diganti perasan air jeruk lemon)
1/4 cup orange juice
75 sultana -- aku pake kismis
150 g mascarpone
400g ricotta
125 g gula kastor
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya.
60 gr tepung terigu
80 gr manisan apricot, iris tipis (boleh di ganti manisan mangga)

Crust
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan.
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar
1/2 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt bubuk mixed spice (bisa diganti bubuk bumbu spekuk)

Cara buat:
1. Panaskan oven 170c. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi-sisi loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi dengan mentega leleh.
2. Panasi port, orange juice dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.
3.crust: Panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah. aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.
4. Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange dan apricots.
5. Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peak. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam adonan, ratakan permukaannya.
6. Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray) , panggang selama 1 jam atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas ke coklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarpkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul-betul dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum di sajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.

2 comments:

  1. yummyyyyyyyyyy!! aku bikin lagi looooooohhh hihihihi

    ReplyDelete
  2. hai mba arfiiii, senangnya di kunjungi dirimu :) aku juga niat nih bikin lagi mba,pengen beneran pake wine kali ini :p *bandel* hihihi

    ReplyDelete