Wednesday 27 July 2011

KBB#24 Rich Chocolate Tart



Tantangan KBB#24 kali ini bahan-bahannya udah familiar banget deh dan mudah di dapat di dapur. Secara tiap hari aku bikin cupcakes dengan bahan-bahan yang sama. Gak jauh-jauh dari coklat, coklat dan coklat :p Yang bikin penasaran adalah, adonan kulit pienya. Di resepnya di tulis mengunakan Food Processor, tapi aku belum punya. Tadinya siy niat mo beli sekalian, kayaknya enak banget kalo punya FP bisa ngadon adonan crust macem-macem. Tapi pas nanya di milis, mba Arfi bilang bisa kok dibuat dengan jari. Wah jadi semangat, bikin pake jari aja deh.



Adonan Pienya mirip adonan nastar cuma warnanya aja yang coklat. Alih-alih mengunakan jemari, aku bikin dengan garpu , bahan tepung di campur dengan butter sampai menyatu dan kemudian masukkan telur, aduk sampai adonan siap digiling dan dicetak ke dalam loyang pie.

Dari resep asli, harusnya menggunakan pie diameter 22cm, cuma dirumah cuma punya yang oval. Jadi sisanya dibikin mini pie. Setelah adonan di cetak di loyang, dimasukkan dulu kedalam lemari es baru kemudian di panggang.

Setelah adonanan pie matang, isi dengan adonan chocolate tartnya. Belum di baked aja udah jilat-jilat sisa adonan di tangan, yummy.. *jorok? biarin! ntar kan cuci tangan :p

Kayaknya kemarin aku over baked, jadi hasilnya retak-retak gini. tapi kalo rasanya mah...enak banget deh... pienya renyah...coklatnya lumer dilidah...

Ini Resepnya:
KBB#24 : Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Dessert. The Australian Women Weekly.
Untuk 10 porsi

Pastry
185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150gr mentega dingin cincang
2 kuning telur
1sdt air dingin
Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di daam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate)
Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi-sinya. Letakkan pastri ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sinya lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang-kacangan kering atau beras. Letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang-kacangan/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.

Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55 gr gula caster
80 ml krim kental
300 DCC, Lelehkan
1sdt extract vanilla

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creammy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak vanilla. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ektra coklat bubuk, hidangkan


No comments:

Post a Comment