Saturday 26 March 2011

KBB#22: Made in Indonesia plus Spun Sugar

Tantangan KBB kali ini bikin heboh sejak pertama kali di umumin. Memadukan sajian khas Indonesia dengan dekorasi spun sugar. Pas liat link tutorial yang di kasih ibu host, aku ketar ketir. Ribet banget. Butuh konsentrasi dan waktu yang benar-benar santai. Tadinya mau coba awal-awal bulan, tapi baca laporan yang pada nyoba kok jadi ketar ketir sendiri. Akhirnya baru coba setelah bener-bener siap, abis baca dan memantau timeline mba @ditut bikin spun sugar pake dry caramel.


Tantangan kali ini gak bisa dilakuin sehari doang. Jadi aku konsentrasi hari pertama untuk bikin Made in Indonesianya, besoknya baru dekorasi dengan spun Sugar. Aku pilih Lapis Surabaya. Resepnya dari buku Anti Gagal NCC seri pertama.

Aku hanya bikin sedikit. Jadi aku bikin adonan untuk satu lapisan aja. Dibuat mengguanakan loyang brownies, satu adonan dapat 2 lapis cake coklat dan kuning. Lalu aku tumpuk jadi satu, hingga terlihat ada 4 lapis. Lalu di potong-potong dan di cetak dengan cetakan cookies bentuk hati.

olesi lapisan dengan selai sesuka hati (strawberry/blueberry),
ditumpuk dengan lapisan coklat. Bagi dua kemudian ditumpuk lagi hingga jadi 4 lapis.


lapis surabaya dipotong-potong dan dicetak dengan cetakan kukis bentuk hati

tutup permukaann barang-barang di dapur agar terhindah dari cipratan caramel


Hari kedua

Ini dia yang deg-degan. Sebelum mulai aku tutup dapur dengan koran bekas, untuk menhindari cipratan caramel yang akan membabi buta saat proses pembuatan spun sugar. Spoon Sugar diresepnya diminta menggunakan whisk yang tak terpakai dan di gunting ujungnya, tapi aku pake garpu saja, ada juga yang pake sumpit atau tusuk sate.


Setelah ruangan sudah ditutup dengan kertas koran, siapin bahan yang diperluin, cuma gula dan air aja kok. Lalu gula dan air dimasak dalam api keciiiiil saja, nyaris seperti api lilin.

Percobaan pertama gagal, percobaan kedua gagal. Kayaknya air dalam resep itu terlalu banyak deh. Tapi banyak juga yang sukses dengan resep ini. Memang butuh kesabaran yang sangat dalam pembuatan spun sugar ini. Dan aku baru tau saat percobaan ke 3 kalo ternyata kita gak boleh terlalu banyak mengaduk cairan gula ini. Diamkan saja sampai nanti gulanya berwarna coklat ke emasan.

Akhirnya percobaan ke 3 aku pake dry caramel, gulanya hanya diberi 3 sendok makan air. Dengan resep ini, caramelnya cepat jadi. Tapi emang beda sama yang pake air banyak, warnanya jadi coklat banget.

Waktu berubah jadi warna gold, senang banget rasanya...lalu pancinya di angkat masukkan ke dalam loyang yang sudah aku kasih air dingin, sampai konsistensi caramelnya sesuai, jadi kali garpunya di angkat..akan tercipta serabut caramel yang berupa rambut keemasan…

Kereeeen…


Saat spun sugar terbentuk, harus segera di gunakan aku pakai untuk melapisi lapis Surabaya agar terlihat lebih cantik. Suhu ruangan amat sangat mempengaruhi ketahanan caramel ini. Suhu yang panas bikin caramel ini cepat cair. Jadi gak taham lama-lama, karena cuaca saat itu panas banget.


Anyway..senang bisa melewati tantangan yang super heboh ini…dibantu teman2 KBB yang kreatif dan helpful banget


Lapis Surabaya

Sumber: 60 resep Cake & Cookies anti gagal

Penulis : Fatmah Bahalwan & Tim NCC

Bahan untuk tiap lapisan: (aku cuma pakai bahan utuk satu lapis saja)

10 kuning telur

100 gr gula pasir

125 g mentega, kocok hingga mengembang dan pucat

50 g tepung terigu protein sedang, missal segitiga

1 sdm cokelat pasta untuk adonan cokelat


Cara membuat

1. kocok telur dan gula hingga kental, matikan mikser

2. Masuukan mentega dan kocok, aduk rata. Masukkan telur tepung terigu, aduk rata.

3. Untuk adonan coklat, tambahkan 1 sdm cokelat pasta, aduk rata.

4. Tuang masing-masing adonan ke dalam loyang tipis 22x22x4 cm yang sudah di oles margarine dan dialasi kertas roti. Panggang dalam oven selama 20 menit, suhu 180 C hingga matang. Angkat.

5 keluarjan dari loyang dan biarkan dingin. Olesi masing2 cake dengan selai strowberry lalu tumpuk jadi satu.

6. Potong-potong, sajikan.


Spun Sugar

Sugar Syrup

1. Medium use 1 ¼ cups sugar to 1 cup water.
2. Heavy use 1 ¼ cups sugar to ⅞ cup water.

Step :
1. Heat the sugar syrup to 311 F then plunge into a pan of cold water to halt the cooking process.
2. Cover your work surface with parchment paper. Holding a rolling pin in one hand over the paper, dip the whisk into the sugar syrup and flick it back and forth over the rolling pin so that railing threads are formed.
3. Gently gather up the strands and fold them back over the rolling pin. Loosen and lift them or slide them off the pin gently.
4. Break the sugar in half and gently shape each half as desired in your hands.



2 comments:

  1. buat caramel tuh susah-susah gampang yaaa... intinyaa... ngetes kesabaran -___-"

    ReplyDelete
  2. iya win, yang pasti kalo bikin ini dapurnya kayak kapal pecah. pliket di mana-mana :p

    ReplyDelete