Tuesday 27 September 2011

KBB#25 Devonshire ‘Birthday Party’ Tea




Sumprit, baru kali ini aku bikin yang namanya Scone. Gak kebayang kayak apa penampakannya sampe lihat di mbah google setelah email Surtjin diluncurkan..ooo iki toh sing jenenge Scone, mirip 'roti' yoo?? Kalo di lihat dari resepnya sih bahannya mudah dan caranya juga mudah. Tapi karena PRnya di kasih sebelum libur lebaran jadi agak terlena liburan hihihi. Sebelum mulai cerita proses pembuatan, aku cerita dulu tentang tema KBB #25  ini yaa...



Jadi ceritanya KBB ulang tahun ke-4, kata mba Arfi kalo anak kecil lagi lucu-lucunya tuh..lagi belajar naik sepeda. Aku baru sekali ini merayakan Ultah KBB. Kali ini kami merayakannya dengan minum teh bareng, ditemani hidangan istimewa, Scone



Devonshire tea adalah, yaitu sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon, di mana scone disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak di konsumsi

Scone berasal dari kata sconbrot, merupakan 'roti' khas Skotlandia yang pada akhirnya di adaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi  makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dam susu. Tekstur scone haruslah ringan, tidak berat dan tidak basah seperti brownies,dengan demikian baking powder banyak di gunakan sebagai bahan pengembang.





Rasa scones bermacam-macam, namun secara tradisional, scones disajikan plain dan tidak memakai banyak gula. Selain itu, scones popular dipanggang bersama cincangan kurma. kismis, sultana atau currants.



Bahan pembuatan scones ini sederhana sekali, cuma butuh tepung terigu, mentega, susu dan baking powder. Adonan kering dicampur sampai berbulir dengan menggunkan pisau pastry, tapi bisa juga dengan garpu.

Dari resep asli aku menambahkan sebutir telur yang dikocok di dalam susu, sebelum dicampur keadonan tepung. Aduk rata sampai adonan kalis dan siap untuk di cetak.

Giling adonan beberapa kali dan cetak bulat atau sesuai selera. Kalau dirasa adonan lengket bisa ditaburi sedikit tepung. Sebelum di panggang, olesi permukaan nya dengan susu cair.

                     Alasi loyang dengan baking paper agar scone tidak lengket di permukaan loyang.


                          
Paling enak di sajikan dengan Clotted Cream, berhubung mau mengurangi lemak, jadi pake selai strowberry dan blueberry ajaa :)

                                               Happy Bday KBB, stay healthy and yummy :)


Resep Scones:
Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ
untuk 12 potong


3 cups tepung terigu
6 sdt baking powder
1/4 sdt garam
75g mentega
1-11/2 cup susu segar
1 butir telur (dita)
ekstra susu

Ayak tepung, baking powder dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Taburi tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yang sama. Sisakan jarak 2 cm antara satu scones dengan lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

Date Scones
Tambahkan 3/4 cup kurma cincang. 1 sdm gula dan 1/2 sdt bubuk kayu manis ke dalam tepung. Sebelum di panggang, taburi scones dengan campuran bubuk kayu manis dan gula.

Sultana Scones
Tambahkan 3/4 -1 cup sultanas ke dalam adonan tepung.

No comments:

Post a Comment