Tuesday 1 February 2011

Cake Pops/Rum Ball

Cake Pops ini lagi hapenning nih di amrik sonoh, dari taun lalu cake pops ini dipopulerkan dan sekitar bulan sept 2010 buku tentang cake pops ini dilucurkan oleh si empunya bakarella.com
Kalo diliat dari bahan dan cara buatnya mirip-mirip rum balls gitu sih,
cuma lebih di modifikasi lagi, di buat bentuk yang lucu-lucu dengan menambah springkles2 sehingga lebih mengugah selera untuk di comot dan ciri khas adalah menggunakan batang lolypop.
Untuk ide2 lucu bentuk cake pops bisa di lihat di
bakarella.com yaa...


sekarang kita buat cake pops jadi2an alias rum balls aja yuk..
aku bikin ini biasanya menggunakan lebihan cake kalo abis carving atau kelebihan cupcakes pesenan. Sayang kan kalo dibuang, dimakan gitu aja sih udah enak
tapi biasanya para ponakan lebih suka kalo dibuat yang lucu2 gini.
gampang kok bikinnya..


bahan dan alat yang dibutuhkan juga simple.
1. cake (any kind of cake) boleh butter cake, sponge cake, atau brownies kukus apa aja deh selama bahan dasarnya , tepung, gula, mentega (manfaatin yang ada dilemari es aja gak usah dadak bikin)
2. Butter cream (biasanya kan di cupcakesnya udah ada butter creamnya tuh, pake itu aja oke kok) atau kalo gak ada bisa di ganti dengan unsalted butter, merek apa aja bisa anchor, ill virre or apapun yang ada di lemari es. kalo gak ada juga pake aja susu kental manis :)
3. coklat batangan.
4. Springkles atau meises warna-warni.

Cara buat:
1. Cairkan coklat. ( potong dadu coklatnya dan tim hingga cair. cara mencairkan coklat yang mudah: masukin aja dalam plastik segitiga lalu rendam plastik dalam air panas)
2. pisahkan cream cupcakes, hancurkan cakenya dengan tangan atau sendok.
3. campurkan cream/unsalted butter cair/susu kental manis -sedikit demi sedikit, aduk lagi sampai adonan siap untuk di bentuk bulat-bulat. (jangan terlalu banyak ngasih creamnya, nanti adonannya jadi lembek dan susah di buletin)


5. bentuk bulat dengan ukuran sesuai selera.
6. dinginkan dalam lemari es, kurang lebih 5-10 menit.
7. setelah dingin adonan dikeluarkan dari lemari es, celupkan dalam coklat cair dan gulingkan dalam meises warna-warni, dinginkan dalam lemari es lagi - rum balls siap di serbu anak-anak :)

(untuk bikin cake pops) keluarkan cake dari dalam lemari es, tancapkan batang lolypop, dan celupkan ke dalam coklat cair sampai tenggelam kemudian angkat, biarkan lelehan coklatnya turun, kemudian taburi sprinkles lalu tancapkan ke sterofoam dan dinginkan dalam lemari es lagi.

ayo buat camilan untuk wiken, selamat mencoba...:)

No comments:

Post a Comment