Wednesday 16 March 2011

MARBLE CAKE

Marble cake a.k.a Pound Cake a.k.a Marmer cake adalah cake jenis butter cake yang classic banget. Karena ini jenis butter cake, maka dari pembuatannya harus butter dulu yang dikocok, kemudian gula lalu telur dan terakhir tepung. Beda sama sponge cake yang awalnya gula dan telur yang dikocok duluan.

Aku inget, dulu ibu sering bikin ini di rumah apalagi kalo ada cara keluarga, pasti ini kue andalan yang beliau bikin buat tetamu. Secara tekstur, kue ini padat sekali, mengenyangkan deh pokoknya. Cuma karena dulu aku belum suka baking, jadi gak belajar bikin cake ini dengan resep dia. Sekarang ibuku gak bisa sharing resepnya, karena dia udah lupa :)

Jadi kemarin pas ada acara di Tulung Agung, ibu minta aku bikin cake marmer ini 10 loyang dan brownies 10 loyang juga. Cake jenis ini menurut teman2 di NCC termasuk cake yang awet untuk dibawa ke luar kota, karena cake ini akan dipakai 5 hari kemudian :p

Yang paling seru, waktu tahap bikin motif marmer. Meskipun salah siy, aku cuma bikin motif di permukaannya aja, padahal harusnya motif itu (dari adonan yang diberi coklat bubuk) di taruh di tengah2 baru kemudian diacak (dibuat motif marmer dengan sumpit.
next time bikin lagi deh...
buat yang mau coba, ini aku share resepnya.


Simple Marmer POUND CAKE
Sumber: 60 resep cake & cookies anti gagal
Fatmah Bahalwan & Tim NCC

Bahan:
150 g Mentega
100 g gula pasir
3 butir telur
1 kuning telur
150 g tepung terigu protein sedang, missal Segitiga
1 sdt baking powder
1 sdt cokelat bubuk

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
2. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula pasir perlahan sambil terus dikocok sampai mengembang pucat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok. Kecilkan kecepatan mikser hingga paling rendah, tuang terigu yang suda dicampur dengan baking powder, aduk rata.
4. Sisihkan 2 sdm adonan, beri cokelat bubuk, aduk rata. Tuang sisa adonan putih kedalam loyang loaf 22x10x8 cm, beri adonan cokelat secara acak, kacau dengan sumpit hingga memebentuk motif marmer.
5. panggang dalam oven dengan suhu 180, selama lebih kurang 40 menit atau hingga matang. Angkat.
6. keluarhan dari loyang dan biarkan dingin
7. Potong-potong, sajikan.

No comments:

Post a Comment