Sunday 30 January 2011

KBB#21 Creme Brulle with Fresh Grapes




Tantangan KBB#21 adalah menaklukan creamy dessert asal Prancis yang fancy banget. Kebayang ribetnya, tapi sepadan loh sama kemewahan rasanya. Sebelumnya kita cari tahu dulu apasih Creame Brulle itu?
Menurut Mbah Wiki, ini pengertian Creme Brulee :
Crème brûlée (crème brulée in L'Orthographie 1990) (French for "burnt cream"; pronounced /ˌkrɛm bruːˈleɪ/ in English, [kʁɛm bʁyle] in French), also known as burnt cream, crema catalana, or Trinity cream is a dessert consisting of a rich custard base topped with a contrasting layer of hard caramel. It is normally served cold.

The custard base is traditionally flavored with vanilla, but is also sometimes flavored with lemon or orange (zest), rosemary, chocolate, coffee, liqueurs, or other fruit.
-Wikipedia-

Resep Creme Brulee (Jamie Oliver: The Naked Chef 2) bisa di lihat d
i sini

Bahan yang dibutuhkan:
300g fresh rhubarb (tapi karena di Indonesia gak ada Rhubab makanya boleh di ganti dengan fresh fruit lainnya, kali ini aku coba pake Anggur)
3 Tbs caster sugar
2 vanilla pods (bisa di ganti dengan extract vanilla atau essence flavor lainnya sesuai dengan buah segar yg digunakan)
300ml double cream
200ml full fat milk
8 egg yolks
80 gr sugar

Iris buah anggur dan masukkan ke dalam ramekin
(wadah satuan, kali ini aku menggunakan loyang buat cupcakes)

4] Campur double cream dan full fat milk. Panaskan di atas api kecil (jgn sampai mendidih) lalu sisihkan. Tambahkan 3 sdm gula kalau susunya gurih. Karena aku pake susu merek diatas, gak perlu ditambah gula lagi. 5] Di mangkuk berbeda kocok telur hingga mengembang, setelah agak dingin, campurkan susu tadi sedikit demi sedikit ke dalam telur hingga tercampur rata. 6] Tuang dalam wadah satuan.

7] Isi loyang dengan air panas hingga 1/2 wadah satuan terendam air. Kita akan menggunakan metode Au bain marie untuk memanggangnya. 8] Masukkan dalam oven 140C/275F/Gas 1 kurang lebih 25 menit/atau sampai cream set. Lalu dinginkan di suhu ruang. 9] taburi dengan gula pasir. 10] kemudian panggang lagi dengan api atas jangan kelamaan, kira-kira 5 menit saja. ( untuk memdapatkan hasil yang terbaik gunakan blow torch untuk dalam proses caramelized ini).

Creme Brulle siap di hidangkan. Yumm!!



No comments:

Post a Comment